Tingkatan Alur ( Workflow Level )
Tidak hanya perusahaan besar saja yang menggunakan workflow management untuk mengoptimalisasikan proses inti bisnis mereka, begitu pula dengan perusahaan SMEs. Dalam konteks keamanan, ada 2 aspek utama dalam workflow, yaitu : keamanan dan ketergantungan dari workflow, dan keamanan dan ketergantungan workflow.
Sistem proses bisnis selalu berubah dari waktu ke waktu, dimana dapat diorganisir dengan 2 tahap yang sederhana, yaitu :
1. Tahap mengembangkan ( development phase ).
2. Tahap penggunaan ( use phase ).
Keamanan dan Ketergantungan Workflow
Pemeliharaan sistem dapat dilakukan dalam beberapa tingkatan seperti yang tertera di gambar.
Dalam gambar tersebut, setiap tingkatan yang berbeda dalam proses pemeliharaan server ditunjukkan :
1. Tingkatan 1 menggambarkan tentang aspek – aspek dasar, seperti menginstall patch baru dan melakukan update antivirus
2. Tingkatan 2 menggambarkan tentang tugas – tugas tambahan, seperti menutup akses dan membuang layanan yang tidak diperlukan, serta membuat perencanaan cadangan.
3. Tingkatan 3 menggambarkan tentang meningkatan keamanan dan ketergantungan.
Next : Tingkat informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar